Kamis, 19 November 2009

APA ITU NARKOBA


Apa Itu Narkoba?


Narkoba adalah singkatan dari Narkotika dan Obat Berbahaya. Sedangkan Narkotika berasal dari bahasa Yunani Narkoun yang berarti membuat lumpuh atau mati rasa. Jelas sekali dari singkatannya bahwa narkoba merupakan kumpulan obat-obat yang didalamnya mengandung berbagai zat yang dapat mematikan kita. Menurut Undang-undang R.I No.22/1997, narkotika ditetapkan sebagai zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik buatan maupun semi buatan yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, mengurangi sampai menghilangkan nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan atau kecanduan.
Selain itu narkoba juga dikenal dengan istilah Napza. Dari singkatan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif. Sebenarnya obat-obatan ini digunakan untuk pengobatan di bidang kesehatan. Namun, penggunaannya disalahgunakan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Dengan mengolah obat-obatan ini dengan bahan-bahan lainnya, jadilah narkoba yang kemudian dijual demi keuntungannya. Sangat merugikan sekali bila kita membeli dan mengkonsumsinya. Rugi uang untuk membelinya karena harga yang dijatuhkan pastilah mahal. Yang kedua rugi kesehatan kita. Yang jelas kesehatan kita menjadi taruhan, bukan hanya kesehatan, nyawa kitapun dapat melayang karenanya. Ini adalah masalah yang sangat serius, dalam bidang ekonomi, kesehatan, sosial, dan moral.
Sejarah Narkoba/Narkotika
Sejak dulu orang-orang telah megenal suatu tanaman yang dapat menghilangkan rasa sakit dan nyeri. Orang-orang Yunani menyebutnya opium atau yang kita kenal sebagai candu. Pada tahun 1803 seorang apoteker Jerman berhasil mengisolasi bahan aktif opium yang memberi efek narkotika dan diberi nama Morfin. Morfin berasal dari bahasa Latin Morpheus yaitu nama dewa mimpi Yunani. Oleh apoteker Jerman ini, Morfin digunakan untuk menghilngkan rasa sakit pada luka.
Narkoba Yang Kosmopolit.
Narkoba bukan hal yang susah dicari. Keberadaannya sudah menyebar keseluruh penjuru dunia. Meski begitu sulit bagi kita untuk melenyapkannya. Lahan-lahan ganja, heroin, dan sebagainya tersebar di berbagai daerah. Kemudian bahan-bahan itu diolah oleh sekelompok orang yang yang terorganisir, kemudian diberikan kepada pengedar yang merupakan komplotannya. Lalu pengedar itu menjualnya ke para pecandu. Tak tanggung-tanggung, penyebaran narkoba ini sampai keluar negeri. Organisasi yang begitu rapi dalam menyelundupkan obat-obat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar